Rabu, 27 Agustus 2014

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Komunikasi Data



Perangkat keras komunikasi Data
Bila kita bergerak dari sudut pemakai jaringan kita menemukan elemen-elemen perangkat keras lain. Termasuk cluster control unit, modem, multiplaxer, saluran(channel), front-end computer, dan host computer.
a. Cluster control Unit
                        cluster control unit membangun hubungna antara terminal yang dikendalikannya, alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa computer melalui saluran yang berbeda-beda. Cluster control unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubah kode.



b. Modem
                        satu-satunya waktu dimana modem tidak diperlukan adalah ketika telepon tombol digunakan sebagai terminal. semua saluran datacom lain memerlukan modem pada tiap ujungnya.
                        Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu. Kecepatan yang popular adalah 56 kbps. Kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.

c.Multiplexer
Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengirman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi bebas hambatan dengan beberapa jalur.

Perangkat lunak Komunikasi Data
Perangkat lunak memungkinkan semua unit perangkat keras datacom bekerja sebagai suatu system. Sebagian besar perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat berada dalam cluster unit dan terminal. Bermacam-macam nama digunakan untuk perangkat lunak, tergantung pada lokasinya.
a. Perangkat lunak Pada Host
Perangkat lunak datacom dlam host disebut telecommunication monitor (TCM). Walau fungsi yang dilakukan perangkat lunak TCM berbeda dari satu system ke system yang lain, umumnya TCM memungkinkan host untuk :
1. Menempatkan pesan dalam suatu urutan tertentu berdasrkan prioritasnya.
2. Melaksanakan fungsi keamanan dengan mempertahankan catatan kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta.
3. Menghubungkan jaringan datacom dengan system manajemen database. Sebagian dbms mainframe memiliki versi untuk para pemakai jaringan.
b. Perangkat lunak dalam Front-end Processor
    Nama perangkat lunak yang digunakan dalam front-end processor adalah network control program (NCP). Sebagi kecil fungsinya adalah :


1.   Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran.
2.   Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan cap tanggal dan waktu pada tiap pesan, beserta nomor seri unik.
3.   Mengubah kode-kode yang digunakan oleh  satu jenis peraltan (misalnnya IBM) kejenis lain(DEC)
4.   Melaksanakan fungsi penyuntingan pada data yang masuk dengan memeriksa kesalahan  dan mengatur kembali formatnya
5.   Memelihara statistic atas penggunaan jaringan.
Semoga Bermanfaat.

0 comments

Posting Komentar